BERITA

  • Siswa SMAN 2 Yogyakarta Kunjungi Museum

    Siswa SMAN 2 Yogyakarta Kunjungi Museum

    Senin, 15 Desember 2014 SMA Negeri 2 Yogyakarta mengadakan kegiatan kunjungan ke Museum Dirgantara Mandala dan Museum Purbakala Sangiran. Kunjungan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA Negeri 2 Yogyakarta kelas X yang berjumlah 280 siswa dan 20 pendamping. Kunjungan museum diselenggarakan dengan tujuan agar para siswa SMA Negeri 2 Yogyakarta lebih konkrit dalam belajar sejarah, tidak semata-mata membaca tetapi mereka bisa melihat langsung yang mereka pelajari di buku sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa dalam belajar sejarah. Kunjungan ini sekaligus menjadi ajang rekreasi para siswa dalam mempelajari sejarah.

    Kunjungan diawali menuju Museum Pusat Angkatan Udara Republik Indonesia atau Museum Dirgantara Mandala yang terletak di Kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta. Museum yang digagas oleh TNI AU untuk mengabadikan peristiwa sejarah Indonesia dalam lingkungan TNI AU. Museum ini berlokasi di kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta. Museum yang diresmikan pada 4 April 1969 oleh Panglima AU Laksamana Roesmin Noerjadinini sebelumnya berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta lalu dipindahkan ke Yogyakartapada 1978.

    Berbagai jenis koleksi museum mulai dari pakaian dan tanda-tanda kehormatan, foto-foto tokoh-tokoh sejarah, pesawat, alat komunikasi, senjata, dan beberapa visualisasi peristiwa melalui diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia serta koleksi-koleksi lainnya ditata dan dipamerkan berdasar kronologi peristiwa. Tak ketinggalan sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga terdapat di museum ini yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Museum yang di buka setiap hari mulai pukul 08.30 s/d 15.00 tersebut memiliki berbagai pasilitas penunjang lain seperti tempat parkir yang luas dan nyaman, sarana ibadah, toko souvenir, dan kantin

    Setelah puas berkeliling di Musium Dirgantara kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Musium Purbakala Sangiran. Museum Purbakala Sangiran adalah museum arkeologi yang terletak di Kali Jambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang merupakan salah satu Situs warisan Dunia UNESCO. Museum Sangiran beserta situs arkeologinya, selain menjadi obyek wisata yang menarik juga merupakan arena penelitian tentang kehidupan pra sejarah terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan dunia.

    Di museum dan situs Sangiran para siswa dapat diperoleh informasi lengkap tentang kehidupan manusia prasejarah yang menyumbang perkembangan ilmu pengetahuan seperti Antropologi, Arkeologi, Geologi, dan Paleoanthropologi karena situs ini dilengkapi dengan fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya. Di lokasi situs Sangiran ini pula, untuk pertama kalinya ditemukan fosil rahang bawah Pithecantropus erectus oleh arkeolog Jerman, Profesor Von Koenigswald.

    Kini museum telah memiliki fasilitas menunjang seperti ruang pameran, aula, laboratorium, perpustakaan, ruang audio visual (tempat pemutaran film tentang kehidupan manusia prasejarah), gudang penyimpanan, mushola, toilet, area parkir, kantin, dan kios souvenir. Setelah seharian melakukan kunjungan museum, akhirnya semua rombongan tiba di kampus SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan selamat.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks